AKtbpis6Z5HX7oz0gvCZZgOE30w78LNbDNLGi9PJ
Bookmark

Juara 1, 2 dan 3, Pemenang Desain Untuk Ibu KoTa Baru Indonesia


'Nagara Rimba Nusa' Pemenang Desain Ibu Kota Baru

Desain bertema 'Nagara Rimba Rusa' menyabet juara pertama sayembara desain ibu kota negara baru. Nantinya, desain bakal dipakai untuk membangun ibu kota baru.

"Ini dilakukan sayembara karena bujet Rp5 miliar, kita bisa dapat lima desain. Kalau ditunjuk satu orang untuk mendesain bisa lebih mahal dan cuma mendapat satu desain," ucap

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat pengumuman pemenang sayembara di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin, 23 Desember 2019.

Sementara itu juara ke-II disabet tim dengan desain 'The Infinity City', juara III 'Seribu Galur', harapan I 'Zamrud Khatulistiwa', dan pemenang harapan II 'Banua Rakyat'. Pemenang akan mendapatkan hadiah uang mulai dari Rp250 juta untuk harapan I hingga Rp2 miliar untuk pemenang pertama.

Basuki menyebut lima desain itu menjadi milik negara. Pemerintah akan meninjau kembali lima desain para pemenang sayembara.

Pemerintah akan menggabungkan lima desain itu untuk membangun ibu kota negara baru. Sebab, desain para pemenang mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing.

"Desain ini kuat di mana, yang ini lemah di mana, nanti gitu, disatukan menjadi yang terbaik," ujar Basuki.

Para pemenang juga bakal segera dibawa ke lokasi ibu kota negara baru. Ini diperlukan agar para pemenang bisa membayangkan penempatan gedung-gedung dan bangunan lain berdasarkan desain mereka.