AKtbpis6Z5HX7oz0gvCZZgOE30w78LNbDNLGi9PJ
Bookmark

Organik Trafik? Ini Penjelasannya dan Cara Mendapatkannya

Organik Trafik? Ini Penjelasannya dan Cara Mendapatkannya
Sumber https://idwebhost.com/

Traffic adalah jumlah pengunjung atau orang yang telah mengakses, mengunjungi, membaca, dan tujuan pengunjung lainnya yang telah direkam oleh domain Anda. Pada sebuah website ada jenis  organic traffic  dan juga paid traffic. 

Situs web lalu lintas  adalah bagian penting dari menghancurkan sebuah situs web. Karena dari traffic inilah sebuah website dikatakan hidup. Semakin banyak traffic yang masuk, maka website tersebut bisa untuk memaksimalkan tujuan dan kebutuhan pemilik seperti pemasaran produk, branding, lead customer dan lain sebagainya. 

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang traffic organik untuk website Anda. 

Ada alasan mengapa lalu lintas organik sangat penting untuk situs web. Karena jika berbicara bisnis maka akan lebih mudah untuk memasarkan, menawarkan, mengenalkan produk atau jasa Anda. 

Kemudian dari pengunjung yang tertarik dan mendapatkan manfaat dari website Anda kemungkinan besar akan mengikuti dan mendaftar ke newsletter atau promo yang Anda miliki. 

Semakin besar peluang mereka menjadi konsumen jangka panjang dari apa yang Anda tawarkan. Traffic website yang tinggi juga akan meningkatkan DA ( domain authority ) dan PA ( page authority ) sehingga popularitas website Anda baik di mata pencarian Google. 

Tentu Anda penasaran dengan pembahasan tentang organic traffic ini, bukan? 

Karena pada artikel ini, kami akan berbagi dengan Anda tentang pengertian, manfaat, dan bagaimana cara mendapatkan  organic traffic . Daripada bikin penasaran, mari kita bahas apa itu organic traffic. 

Apa Itu Lalu Lintas Organik? 

Lalu lintas organik  adalah lalu lintas dari pengunjung atau pengunjung suatu situs web yang dihasilkan dari hasil pencarian organik di mesin pencari tanpa menggunakan iklan. 

Sebuah pencarian dikatakan organik saat seorang pengguna sedang mencari informasi atau konten tertentu dengan mengetikkan kata kunci permintaan  di mesin pencari seperti Google, Bing. Dan ketika menemukan apa yang dicari dan meng-klik  link  website serta mengunjunginya maka itulah yang disebut sebagai organic traffic. 

Salah satu upaya untuk mendapatkan organic traffic yaitu dengan melakukan optimasi SEO ( search engine optimization ) pada website Anda. Dan untuk mendatangkan  organic traffic  ini tidak memerlukan biaya alias gratis. 

Pada kenyataannya, untuk bisa mendapatkan traffic jenis ini memang perlu usaha yang lebih keras. Waktu yang dikerahkan juga relatif lama, karena mesin pencari akan menyesuaikan seberapa baik dan berkualitas sebuah konten website. 

Intinya adalah, untuk bisa mendapatkan  traffic organik  yang tinggi perlu upaya yang lebih banyak daripada mendatangkan traffic berbayar. Tentu saja dengan berbagai penerapan teknik SEO yang baik dan benar.  

Sepenting Apa Lalu Lintas Organik Untuk Situs Web? 

Dari penjelasan diatas, tentunya Anda lebih paham bahwa organic traffic ini diperoleh dari hasil pencarian Google secara organik, tanpa melalui iklan atau berbayar. 

Dan karena sifatnya yang organik, lintas situs web yang satu ini dinilai memiliki kualitas yang baik di mata Google. Sehingga, peringkat website Anda akan semakin baik. 

Manfaat Organic Traffic Untuk Website Anda 

Seperti halnya sayuran organik yang memiliki kandungan manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Begitu juga dengan organic traffic pada website,dapat memberikan manfaat yang baik pada website tersebut. Nah berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari organic traffic: 

1. Jangkauan Pelanggan yang Semakin Luas 

Seperti yang telah kita ketahui, organic traffic didapatkan dari hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci yang diketik oleh pengunjung di mesin pencari. Oleh karena itu, hasil pencarian akan menampilkan query pencarian dari pengunjung. 

Semakin tinggi peringkat di hasil pencarian, semakin tinggi peluang klik dari pengunjung tersebut. 

Misalnya, Anda sedang mencari “ Paket Hosting Murah ” dan mengetikan di halaman pencarian Google. Kemudian ternyata dari hasil pencarian, sebagian pengunjung memilih mengklik website  IDwebhost

Karena tahu, bahwa  IDwebhost  menyediakan layanan domain dan hosting murah, terbaik dan terpercaya. Maka dipastikan pengunjung akan memilih layanan dari IDwebhost karena merasakan manfaat dan keuntungan darinya. 

Kemudian untuk jangka panjang pengunjung juga bisa daftar newsletter dan mengikuti promo-promonya secara rutin. 

Begitu juga dengan website-website e-commerce yang membutuhkan traffic tinggi. Tentunya akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produk-produk yang dijual. 

1. Popularitas Website akan Terus Meningkat 

Popularitas tidak hanya milik artis saja. Pada situs web juga demikian. Semakin banyak orang mencari dan mengakses website Anda, Google pun akan menilai bahwa website Anda memiliki konten yang menjadi pilihan pengunjung. 

Oleh karena itu Google akan selalu menampilkan website Anda di peringkat pertama sebagai rekomendasi konten yang relevan dengan pencarian pengunjung. 

Cara Mendapatkan Lalu Lintas Organik 

Cara mendapatkan  traffic organic  yang paling baik adalah dengan menerapkan teknik optimasi SEO pada konten website Anda. Semakin baik kualitas optimasi SEO yang Anda lakukan, maka kemungkinan mendapatkan peringkat atas hasil pencarian akan semakin besar juga. Mengingat jika konten Anda bisa bertengger di peringkat atas dari hasil pencarian maka traffic yang akan didapat akan semakin tinggi juga. 

Salah satu indikator yang menentukan tinggi rendahnya traffic adalah seberapa baik kualitas konten yang dihasilkan dan disediakan oleh website tersebut. 

Bagaimana cara membuat konten yang berkualitas? 

Konten yang berkualitas adalah konten yang memberikan manfaat nilai tambah pada pembaca dan juga informasi yang disampaikan bisa dipahami oleh pembaca. Jika pembaca merasa puas dan mendapatkan manfaat, yakinlah mereka akan kembali mengunjungi website Anda. 

Gambar Optimasi SEO On Page dan SEO Off Page 

Sebelum membuat konten, yang perlu dilakukan adalah dengan mencari kata kunci dan melakukan riset. Untuk meriset kata kunci bisa dilakukan dengan tool gratis yang tersedia. Seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, Ahrefs dan lain sebagainya. 

Saat memasarkan kata kunci tertentu, pastikan mencari dengan volume pencarian yang tinggi namun dengan persaingan yang rendah. Mengapa harus memilih volume pencarian tinggi dan persaingan rendah? Karena jika mengambil dengan persaingan tinggi, akan sulit mendapatkan kesempatan peringkat atas hasil pencarian. 

Seperti yang telah disebutkan diatas cara terbaik untuk meningkatkan traffic organic adalah dengan mengoptimasi SEO. Lantas seperti apa penerapan SEO untuk meningkatkan organic traffic ini? Berikut beberapa langkah yang perlu diperhatikan. 

SEO Pada Halaman 

SEO On-Page adalah optimasi yang dilakukan pada halaman atau konten website tersebut. Artinya, melakukan optimasi pada konten seperti menyiapkan kata kunci / kata kunci yang relevan dengan website. Kemudian menyisipkan pada artikel seperti pada judul, deskripsi, permalink, memberikan alt image dan lain sebagainya. 

Halaman Keluar SEO 

SEO Off page adalah proses optimasi yang dilakukan di luar website sedangkan optimasi dilakukan di luar website. Namun teknik ini juga merupakan bagian dari faktor SEO. Yang tujuannya adalah untuk meningkatkan lalu lintas dan juga menaikkan peringkat di mesin pencari. Biasanya cara yang umum digunakan adalah membangun situs backlink. 

Post a Comment

Post a Comment