AKtbpis6Z5HX7oz0gvCZZgOE30w78LNbDNLGi9PJ
Bookmark

"MANFAAT" Cat Dasar Dinding

Cat Dasar

(Sumber: ruthmanneberg.info)

Apa itu cat dasar dinding dan mengapa menjadi penting dalam menyelesaikan finishing cat dinding?

1. Menambah daya tahan terhadap garam alkali atau antialkali.

Salah satu fungsi paling umum dari cat dasar dinding adalah mencegah kontaminasi zat-zat alkali pada lapisan cat yang bisa merusak tampilan akhir dari tembok rumah. Proses pengapuran pada dinding tanpa lapisan dasar bisa mengotori ruangan tapi dan berbahaya bagi kesehatan.

Cat dasar

(Sumber: www.rukita.co)

2. Menambah daya rekat cat.

Manfaat dari penggunaan cat dasar sebelum finishing adalah memberikan daya rekat yang lebih baik pada cat dinding agar tidak mudah terkelupas karena cuaca ataupun hal-hal lainnya. Untuk itu, cat dasar yang berkualitas wajib digunakan pada bagian bangunan yang berisiko terpapar kondisi ekstrem seperti dinding outdoor atau dinding pada ruangan yang lembab.

Cat-dasar

(Sumber: pinterest.com)

3. Menutup pori-pori agar permukaan dinding lebih rata & halus.

Dinding yang belum di-finishing cenderung memiliki permukaan berpori-pori dan tidak rata sempurna. Penggunaan cat dasar dinding akan membantu menutup pori-pori tersebut sehingga hasil akhir dari pengecatan akan terlihat lebih halus dan rata.

Cat-dasar

(Sumber: familyhandyman.com)

4. Membantu warna cat dinding lebih sempurna.

Dinding yang belum di-finishing memiliki warna mengikuti warna material bangunan. Tanpa cat dasar, warna cat tidak teraplikasi secara sempurna karena pengaruh dari warna material dinding. Banyak orang yang akhirnya melapisi dinding hingga berkali-kali dengan cat warna yang sama agar mendapatkan warna yang diinginkan. Padahal, hal ini bisa diatasi dengan mengaplikasikan cat dasar dinding terlebih dahulu.

Cat-dasar

(Sumber: shutterstock.com)

5. Memberikan perlindungan ekstra pada dinding.

Cat dasar dinding dilengkapi dengan berbagai zat proteksi khusus yang akan memberikan perlindungan ekstra pada dinding rumah dari berbagai permasalahan umum seperti jamur dan lumut, hingga dinding yang ‘mengompol’ akibat kebocoran air. Tentu bisa disimpulkan secara umum bahwa cat dasar dinding bermanfaat untuk membuat lapisan cat menjadi lebih awet.

Copyrights belong to dekoruma.

0

Post a Comment